Selasa, 29 Maret 2016

Sugar Glider, Si Hewan Mungil Yang Banyak Dibicarakan Pet Lovers


Peliharaan yang Membuat Anda Disebut “Sugar Daddy” | esquire.co.id
http://www.esquire.co.id/gallery/teaser/342251a3473761ef3e7a1673a80e86ca.jpg

Tren tidak hanya berkutat pada fashion keluaran terbaru, tapi juga dalam hal memelihara binatang. Jika sebelumnya perhatian para pencinta satwa mengarah pada anjing jenis tertentu, kucing trah tertentu, atau ikan spesies tertentu, kini tren hewan peliharaan tertuju pada sugar glider. Mungkin belum banyak yang mengenal hewan asli asal Indonesia ini. Sugar glider atau yang dikenal juga dengan possum layang, termasuk dalam jenis mamalia berkantong alias marsupial. Ia satu keluarga besar dengan kanguru. Sugar glider ini tergolong hewan nokturnal (aktif pada malam hari). Ia mendapatkan namanya dari kegemarannya akan makanan-makanan yang manis, seperti gula dan madu, Hewan ini juga mempunyai selaput seperti sayap dinamakan patagium yang digunakan mereka untuk meluncur/melayang (gliding). Meski demikian, ia bukan bajing loncat. Lucunya (atau ironisnya), meski hewan asli Indonesia, ia belum punya nama lokal. Anda punya calon nama?

Hewan kecil dan lucu yang bisa melayang ini ternyata mampu menarik perhatian banyak pencinta hewan. Apalagi ketika selebriti sekelas Paris Hilton berpose bersama hewan asal Papua ini, yang membuat popularitasnya kian bertambah. Berawal dari ketertarikan inilah, para pemillik sugar glider mulai berbagi pengalaman dalam satu forum di Kaskus. Pada periode 2010 - 2011, mereka aktif bertukar informasi, dan mulai berkomitmen melestarikan binatang mungil tersebut. Hingga akhirnya pada tanggal 3 April 2011, Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia (KPSGI) resmi dibentuk sebagai media untuk sharing pengalaman, dan komitmen melestarikan sugar glider.

“Kami sharing dengan yang lain hanya melalui tulisan pada saat itu sampai pada akhirnya memutuskan untuk membuat wadah yaitu komunitas sugar glider. Maka dibentuklah KPSGI sebagai komunitas pencinta sugarglider pertama di Indonesia,” ungkap Reza, salah satu anggota KPSGI kepada Esquire. Tidak hanya bertukar informasi dan diskusi mengenai sugarglider, KPSGI juga kerap mengadakan bakti sosial, dan terakhir, gathering nasional bekerja sama dengan Taman Safari Indonesia. Kepedulian akan hewan mungil ini ditunjukkan dengan menyumbangkan beberapa ekor joey (bayi sugar glider; istilah yang sama dipakai untuk menyebut anakan kanguru) dalam upaya melestarikan hewan yang hidup berkoloni itu. Namun sangat disayangkan, popularitas hewan yang gemar makan manis ini justru membuat penangkapan liar marak terjadi. Seperti yang diungkapkan oleh Reza, “Perkembangan pencinta sugarglider sendiri terus naik ya apalagi dengan sering tereksposenya hewan ini di televisi, namun agak disayangkan penangkapan liar terhadap hewan ini pun ikut naik. Jadi, diharapkan melalui komunitas ini kita bisa lebih peduli dengan tidak membeli sugar glider liar dari pasar hewan karena biasanya hasil tangkapan liar dan tentu saja kondisi kesehatan yang memprihatinkan,” tambahnya.

Jika Anda berniat memelihara sugar glider, kesabaran adalah kunci utamanya. Anda juga harus rajin berinteraksi agar ia mengenal Anda dan akhirnya jinak. Maklum, hewan ini sebenarnya tergolong liar di alam. Reza juga menambahkan, “Stop membeli dari pasar hewan karena biasanya sugar gliderdijual itu liar dan kondisi fisik yang sangat memprihatinkan, selain itu ada baiknya kita mencari informasi tentang hewan ini terlebih dahulu sebelum mengadopsi sugarglider.”

Karena mungil (antara 12-15cm) dan mudah jinak, orang kerap membawanya ke mana-mana. Ada yang membawanya di dalam tas, di dalam cangkir kopi, atau di pundak. Yang pasti, hewan tetaplah hewan yang mempunyai hak untuk hidup layak. Nah, bagaimana menjadi “orangtua asuh” yang baik? Pertama-tama, kita harus ingat hewan ini nokturnal. Aktif di malam hari. Mengajaknya bermain di terang hari, apalagi di bawah terik matahari, dapat membuatnya berisiko pusing akibat terlalu silau. Kita dapat sering mengajaknya bermain dan memberinya makan dengan tangan agar ia mengenal kita (proses ini disebut bonding) dan Anda mengenali perangainya. Soal teknis lainnya seperti tempat tinggal, makanan, dan minuman, Anda dapat menghubungi KPSGI.



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar