Kamis, 31 Maret 2016

Beberapa Cara Penjinakan Sugar Glider Yang Mudah Untuk Pemula

Beberapa tips menjinakkan sugar glider:
www.atmago.com
1. Ketika pertama kali SG kalian datang kerumah, cobalah untuk tidak memberikan kandang yang banyak mainan. SG adalah hewan yang aktif, kalau mereka terlalu senang dengan mainan didalam kandang, maka mereka tidak akan tertarik untuk keluar dan menjalani proses bonding.

2. SG memiliki kemampuan untuk mengenali "bau". Cari baju yang agak ketat, lalu gunakan baju tersebut seharian (beberapa orang menggunakan baju lama mereka). Lalu taruh baju yang telah digunakan tsb ditempat dimana SG kalian tidur. Ini akan membuat SG kaian terbiasa dengan "bau" kalian tanpa perlu kontak fisik dengannya.

3. Gunakan Bonding Pouch (bisa juga travel pouch) dan bawa bonding pouch kemanapun kalian pergi sesering mungkin. Ini akan membuat SG kalian menjadi terbiasa dengan suara kalian, rutinitas kalian, suara-suara disekitarnya dan juga tentu "bau" kalian.
4. Cobalah untuk melatih SG anda untuk tidur dikantung baju anda. Gunakan baju yang memiliki kantung setiap pagi dan malam. Melatihnya dapat dengan mengganti pouch kandang dengan baju anda yg memiliki kantung. Bila berhasil dan SG kalian terbiasa tidur dikantung baju kalian, maka proses dan hasilnya akan lebih memuaskan dibandingkan menggunakan bonding/travel pouch.
5. Ketika mengajaknya bermain, usahakan bergerak dengan perlahan disekitar SG kalian. Pergerakan yang cepat dan "mendadak" dapat menakuti SG kalian. Juga dapat menyebabkan SG anda secara insting untuk berlindung atau defensif (seperti crabbing atau kabur).

6. Usahakan berbicara kepada SG kalian menggunakan suara yang nyaman dan lembut. Ini dapat membantu kalian membangun kepercayaan SG kalian dengan kalian. JANGAN PERNAH menaikkan nada atau volume suara anda dan JANGAN PERNAH gunakan suara-suara yang bersifat negatif seperti membentak dan sedih, berakibat kalian harus mengulangi proses bonding dari awal.

7. Selalu pegang atau handle SG kalian dengan hati-hati dan penuh kasih sayang. Jangan mengambil paksa atau mengejarnya didalam kandang, ini dapat menakuti SG kalian dan mengurangi kepercayaan SG dengan kalian.

8. Usahakan sesering mungkin meletakkan tangan anda didalam kandang. Caranya, coba lakukan handfeed (pemberian makan dengan tangan langsung), membelai atau mengelusnya. Ini akan membuat SG terbiasa dengan kalian juga dapat menampah rasa percaya SG terhadap kalian.
9. Gunakan ruangan kecil yang aman untuk anda bermain dengan SG. Lagi-lagi, ini akan membuat SG terbiasa dengan kehadiran kalian. Gunakan Tanah Lapang HANYA KALAU SG kalian SUDAH BONDING.

10. Yang terakhir dan paling penting adalah SABAR. Seperti saya tulis diatas, membonding SG BISA JADI sesuatu yang sangat berat atau sangat gampang. Proses bonding tidak akan sukses hanya dengan waktu semalam. Bisa memakan waktu berhari-hari, berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Jadi ingat, SABAR..



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar