Senin, 28 Maret 2016

Beberapa Hal Yang Harus Disiapkan Pet Lovers Sebelum Adopsi Sugar Glider

Rata-rata kebanyakan orang melihat Sugar Glider langsung ke pincut dengan kelucuannya dan keimutannya apalagi Sugar glider nya JITOT, ingin sekali membeli dan memeliharanya.

Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips sebelum membeli atau memelihara Sugar Glider untuk pemula. yang harus kita persiapkan adalah :


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsSMlMvaghvgZTCQnufkvP4xFjubz4IIayCj0Nmjd7VSZe4cf1iz-SvZ0s28_SGvBfJu0FDi1ftZs7BFfFK-s5jSgFPCY4VDapf27XUPHW8YutNbhwwvdsqKYWz8IxQ1K6lH9wo6W5uTd4/s1600/1437832386164.jpg
  1. Persiapkan kandang.
    Klo mau naru sugar glider ,Diusahakan kandang Sugar Glider berukuran besar karena Sugar Glider sangat suka loncat-loncat kesana kemari, Minimal kadang yang cocok kandang hamster dan burung  yang ukuranya 60x40x40 tapi yang besi , klo yang kayu suka digigitin tar cepet rusak terus . Biasanya banyak tersedia di petshop atau pasar burung di setiap kota anda . Bisa juga bikin kandang sendiri memakai kawat ram sesuai kreatifitas agan-agan. Untuk peletakan kandang: diusahakan diletakkan di tempat yang jauh dari jangkauan predator seperti kucing & tikus rumah, letakkan kandang di tempat yang tidak terlalu bising atau tidak ribut agar Sugar Glider tidak mudah mengalami stress.
    catatan : Diruangan ber-AC, kandang harus rutin dibersihkan minimal sekali seminggu & alas kandang dibersihkan setiap hari untuk mencegah bau-bau yang kurang enak menyebar di dalam ruangan.
  2. Persiapkan Pouch atau tempat tidur Sugar Glider.
    Pouch bisa terbuat dari batok kelapa atau dari kain. Bisa beli atau bikin sendiri, tergantung kreatifitas masing-masing. CONTOH NYA seperti di atas. Pouch batok & kain punya kerugian & keuntungan masing-masing. Untuk Batok, keuntungannya Sugar Glider dapat mudah diambil dari kandang & terlihat jelas dari luar, kerugiannya banyak kasus bulu Sugar Glider akan berubah menjadi kuning atau coklat disebabkan bekas kotoran yang dibatok menempel ke bulu-bulu Sugar Gile karena batok tidak bisa menyerap kotoran. Untuk Kain, Keuntungannya bulu Sugar Glider jarang berubah menjadi kuning atau coklat dikarenakan pouch berbahan kain lebih mudah menyerap bekas kotoran dari Sugar Glider, kerugiannya Sugar Glider lebih sering sembunyi di dalam pouch & pouch harus rutin dicuci minimal 3hari sekali.
    3. Persiapkan tempat makan & minum
    Bisa bikin sendiri atau beli tempat makan minum buat Hamster. Makanan Sugar Glider untuk peliharaan bisa berupa bubur bayi seperti SUN Rasa Pisang yang dibikin tak terlalu kental & tak terlalu encer, selain itu SG bisa diberi juga buah-buahan seperti apel, pepaya, rambutan, dll. Minuman Sugar Glider bisa berupa air yang matang, atau air madu.
    Banyak yang bilang kalau Sugar Glider tidak butuh minum karena makanan yang dimakannya juga mengandung air. Tapi menurut saya, Semua makhluk hidup pasti butuh air untuk diminum tak terkecuali Sugar Glider, jadi tidak sda salahnya kalau kita sediakan air minum juga. Pemberian makan bisa dilakukan minimal 2x sehari, pagi & malam. Dengan takaran pemberian malam lebih banyak daripada pagi dikarenakan Sugar Glider adalah makhluk nokturnal yang selalu aktif pada malam hari. Agar Sugar Glider lebih cepat bonding dengan tuannya, disarankan untuk pemberian makan lebih sering dilakukan secara handfeed atau pemberian makan secara langsung alias disuapin. Caranya colek makanan dengan jari lalu dengan posisi kuku berada dibawah, berikan langsung ke SG, biasanya SG akan menjilat makanan yang sudah kita sungguhkan.
     
    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi43sZimZ4aJCCYDOlpAp0ItZXBVLXA4wh5xFBH09ZCftbl5RYZ5uqt7lKQkg6y9KrolmJfMD3lV1Z3vfuxJxdPXN5-HbpB5KCHhtPXF_54R1v_lRqkSP3pAmieV6CPsBGw_v82HnJpdlE1/s1600/1007PhoGal001.jpg
    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh66yjAqciAfgfv4L9QYmSHMuZIGanDTHlFvqeUEMdWsCUqainphpsDtE1GkCmVjopCh04HGgj0U2nuHhrvfYXsbU22WVJ3kQKk8bFePm4107RB_2mneirxovt_qhzw64OP-0ommFeMS8CV/s1600/DSCN1159.JPG
    4. Waktu & Komitmen.
    Memelihara sugar glider itu membutuhkan komitmen. Adopt sugar glider bukanlah hanya menyediakan makanan dan minuman dalam kandang lantas bisa anda tinggalkan begitu saja. Lakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan adopt sugar glider. Sugar glider adalah hewan sosial yang membutuhkan teman. Disarankan untuk pemula lebih baik mengadopsi joey umur 1,5 - 2 bulan & lebih baik mengadopt minimal sepasang. Tapi apabila keuangan tidak mencukupi atau pas-pasan, adopt 1 ekor juga tak masalah. Asalkan sering mengajak interaksi atau handle sugar glidernya & kalau punya rejeki lebih, lebih baik carikan pasangannya kemudian. Minimal luangkanlah waktu 1,5-2 jam untuk bermain bersama Sugar Glider anda tiap hari agar SG anda cepat mengenal anda & tidak menjadi merasa asing dengan manusia.

    5. Tips Memilih Sugar Glider.
    Kalo anda ingin mencari Sugar Glider, carilah breeder atau peternak Sugar Glider yang terpercaya di kota anda. Jangan mudah tergiur dengan harga murah & Hati-hati tetap waspada kalau anda mau melakukan transaksi dari luar kota anda. Karena banyak kasus penipuan dilakukan oleh penjual yang tak bertanggung jawab walau ada yang emang sebagian penjual yang jujur. 
    Seperti contoh saat kita ingin memesan Sugar Glider, yg dikirim malah FS (Flying Squirrel) atau tupai terbang, bisa juga tak dikirim sama sekali. Atau saat kita memesan CB, yang dikirim malah WC. Oleh karena itu, cari info sebanyak-banyaknya sebelum anda memutuskan ingin mengadopsi Sugar Glder. Disarankan, anda lebih baik datang langsung kerumah breeder atau penjual agar anda dapat langsung melihat sebelum diadopsi. Mintalah kepada penjual perlihatkan gigi Sugar Glider apakah lengkap atau dipotong, banyak Sugar Glider yg giginya dipotong dengan tujuan agar terlihat jinak tapi Sugar Glider yang giginya dipotong kebanyakan sering mengalami Abses sehingga nafsu makannya menghilang, akibatnya Sugar Glider akan cepat mengalami kematian. Menjinakan Sugar Glider & semua hewan itu butuh kasih sayang, bukan dengan pemotongan anggota tubuh. Selain itu perhatikan Sugar Glider yang ingin diadopsi, Sugar Glider yg selalu terlihat murung, bulunya terlalu kasar atau bahkan mengalami rontok, kemungkinan Sugar Glider tersebut mengalami sakit. Ciri Sugar Glider yang berkualitas sehat bulunya terasa halus & lembut dari kepala sampai ekor, hidung & kaki-kakinya berwarna merah muda, bermata cerah, aktif, tak terlalu proteck bahkan sudah terbiasa dengan manusia, umur Sugar Glider minimal 1,5 bulan sejak keluar kantong induknya & minimal sudah lebih dari 2 minggu bisa makan sendiri (untuk mentestnya bisa dilakukan dengan cara lihat saat dia makan atau dengan cara handfeed).



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar