Rabu, 23 Maret 2016

Wah Ternyata Sugar Glider Sebenarnya Bukan Hewan Peliharaan Lho


bukan hewan peliharaan via attackofthecute.com
via attackofthecute.com
Punya hewan peliharaan memang menyenangkan. Entah mengadopsi atau membeli, dengan adanya hewan peliharaan kamu jadi punya sesosok makhluk hidup untuk dirawat, dipelihara, juga diajak main bersama. Jiwa kreatifmu pun bahkan bisa ikut diasah. Kamu bisa mengubah koper jadi tempat tidur untuk peliharaanmu, atau bahkan menyiasati baju yang sudah kekecilan menjadi baju untuk mereka. Berbeda dengan kehadiran sosok pacar yang kadang mungkin membuatmu kesal atau marah, kehadiran hewan peliharaan pasti lebih bisa mewarnai hari-hari, serta melengkapi hidupmu. Kamu pun bisa menganggap hewan yang kamu pelihara sebagai bagian dari keluarga. Sebab, boleh jadi peliharaanmu adalah sosok yang tidak pernah lupa memberikan kasih sayangnya kepadamu, meski mereka tidak dapat berbicara.

Bicara tentang memelihara hewan, ada tujuh hal yang harus kamu pertimbangkan dan satu hal yang sangat patut kamu ingat: tidak semua binatang itu bisa kamu jadikan peliharaan. Sayangnya, belum banyak orang yang paham dan sadar akan hal ini. Banyak dari mereka kerap memelihara hewan yang sedang ngetren, meski pada dasarnya mereka bukan hewan peliharaan. Nah, agar kamu tidak menjadi seperti mereka, yuk kenali hewan apa saja yang bukan hewan peliharaan, beserta alasannya.

Sugar Glider

bukan hewan peliharaan sisterraysaid.tumblr.com
via sisterraysaid.tumblr.com

Dalam kurun waktu terakhir, memelihara sugar glider menjadi tren di kalangan banyak orang khususnya kawula muda. Mungkin kamu pun pernah melihat seseorang yang asyik bermain dengan hewan mirip tupai terbang berukuran mini di jari tangannya, atau seseorang yang membawa makhluk mungil ini di saku kemejanya. Nah, hewan yang mereka pelihara ini adalah sugar glider.

Sugar glider termasuk ke dalam golongan hewan nokturnal. Tidak heran, hewan satu ini biasa mengeluarkan suara bising di malam hari. Meski kadang suaranya suka mengganggu, tapi tetap banyak orang yang menganggap hewan ini menggemaskan.
bukan hewan peliharaan via missmadbee.tumblr.com
missmadbee.tumblr.com
Hai, aku bukan hewan peliharaan tapi aku lapar

Sebenarnya sugar glider bukanlah hewan peliharaan. Sebab, hewan ini cukup sulit untuk dijinakkan. Sugar glider bisa menggigit dengan gigitan menyerang jika ia belum akrab dengan pemeliharanya. Selain itu, dalam Convention on International Trade of Endangered Species (CITES), sugar glider termasuk ke dalam kategori spesies Appendix II. Nah, hewan-hewan yang termasuk ke dalam Appendix II adalah hewan-hewan yang pemindahannya diatur dalam sistem regulasi yang ketat, tapi untuk batasan-batasan tertentu dapat diperjualbelikan untuk kepentingan komersial. Meski demikian, perlu diingat juga bahwa hewan-hewan yang berada dalam kategori ini punya potensi terancam punah jika perdagangannya dibebaskan begitu saja.

Burung Elang

bukan hewan peliharaan via omkicau.com
via omkicau.com
Bagi para pecinta burung, elang adalah salah satu jenis burung yang terlihat indah sekaligus gagah. Makanya beberapa orang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk berburu dan memelihara hewan satu ini. Bahkan walaupun hewan ini bukanlah hewan yang jinak, tetap saja ada sejumlah banyak orang yang menginginkan hewan ini. Mereka yang sudah jatuh hati dengan burung elang justru merasa tertantang untuk menjinakkannya. Di Indonesia, burung elang banyak jenisnya. Terdapat sekitar 60 jenis elang, yang 50 di antaranya termasuk ke dalam hewan yang dilindungi sesuai dengan lampiran Peraturan Pemerintah Republik Indonesia.

Ketentuan dalam peraturan tersebut ialah bahwasanya bila ada orang yang sengaja menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan hewan yang dilindungi, baik dalam keadaan hidup atau mati, bisa terancam dipenjara. Masih berani memelihara hewan ini?

Burung Hantu

bukan hewan peliharaan via fineartamerica.com
via fineartamerica.com
Tidak hanya burung elang saja yang dilindungi di Indonesia dan bukan hewan peliharaan. Ternyata burung hantu juga lho! Namanya boleh saja terdengar seram, tapi penampilan aslinya tidak. Apalagi yang masih bayi.
bukan hewan peliharaan via iizcat.com
http://www.nyoozee.com/nyz-content/uploads/2016/02/owla.gif
Kucing juga gemas dengan burung hantu, tapi… ini bukan hewan peliharaan lho

Di seluruh penjuru dunia, terdapat sekitar 240 spesies burung hantu. Dari keseluruhan jumlah tersebut, 50 spesiesnya tersebar di Indonesia yang didominasi di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua bagian selatan. Sebagian besar dari spesies-spesies tersebut  masuk ke dalam kategori CITES Appendix II, yang artinya punya potensi terancam punah.

Sigung

bukan hewan peliharaan via new-blog-pics.blogspot.com
via new-blog-pics.blogspot.com
Meski terkenal punya bau busuk yang menyengat, sigung adalah salah satu hewan yang cukup banyak diminati untuk dipelihara. Hewan ini tidak hanya identik dengan baunya sebagai metode pertahanan diri kala diserang predator, tapi juga dikenal sebagai spesies karnivora kecil berbulu indah. Bulu-bulu indah sigung biasanya berwarna coklat tua atau hitam dengan belang putih di tengahnya. Corak inilah yang menjadi pesona atau daya tarik dari sigung, sehingga banyak orang ingin memeliharanya di rumah.
bukan hewan peliharaan via giftwave.com
http://www.nyoozee.com/nyz-content/uploads/2016/02/sigung.gif
Aaah aku bukan hewan peliharaan, tapi aku mau ikutin anjingnya ah

Meski di Indonesia tidak diketahui secara pasti jumlah spesies sigung dan jumlah populasinya, tapi hewan ini dikategorikan sebagai salah satu hewan konservasi berisiko rendah. Apa artinya? Hal ini berarti sigung sebenanrnya belum masuk hewan berstatus terancam atau mendekati kepunahan, tapi punya potensi ke arah sana.

Bunglon

bukan hewan peliharaan via naftemporiki.gr
via naftemporiki.gr

Bunglon adalah hewan reptil yang unik sekaligus cantik. Mengapa begitu? Bunglon punya penglihatan unik yang dapat bergerak hingga 360 derajat, sehingga dapat melihat berbagai hal di sekelilingnya termasuk serangga-serangga kecil dalam jarak yang jauh. Serangga-serangga ini kemudian akan dimangsa oleh bunglon menggunakan lidah yang panjangnya dua kali lipat dari panjang tubuh bunglon sendiri. Selain karena keunikan tersebut, bunglon terutama dipelihara karena punya warna yang luar biasa cantik. Apalagi kalau mereka sedang berkamuflase atau melakukan mimikri. Banyak orang akan terpesona. Walaupun demikian, tahukah kamu bahwa bunglon termasuk kategori bukan hewan peliharaan? Makhluk reptil satu ini kerap membawa kuman berbahaya bagi kesehatan manusia yang memeliharanya. Risiko ini ada baik lewat interaksi langsung, maupun sekadar kontak dengan lingkungan atau habitat tempat tinggalnya. Terlepas dari bahaya infeksi yang mungkin muncul akibat memelihara bunglon, keberadaan bunglon jenis tertentu juga dilindungi oleh undang-undang.

Duh, meski kadang tingkah hewan-hewan unik di atas cukup menggemaskan, tapi lebih baik kamu pilih hewan peliharaan yang lebih umum saja deh; daripada terjerat pelanggaran undang-undang atas pemeliharaan hewan-hewan yang dilindungi?



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar