Kamis, 07 April 2016

Sugar Glider Memiliki Mimik Muka Yang Lucu

www.pinterest.com
Bagi para penghobby hewan piaraan, mungkin binatang yang satu sudah tak asing, tetapi bagi awam, ini bisa menjadi sensasi baru. Ya sugar glider, alternatif baru piaraan yang mungkin anda suka? Apa itu sugar glider? Sejenis tupai pohon berukuran kecil, dalam bahasa latin disebut petaurus breviceps. Ukuran panjang tubuhnya hanya sekitar 24-30 cm, dengan berat 4-6 ons saja. Karena ukurannya yang kecil, banyak orang menyebut hewan piaraan saku. Tubuhnya yang imut dan mimik mukanya lucu menggemaskan, membuat mudah jatuh cinta kepadanya. Hewan mungil yang lagi digandrungi banyak orang ini asalnya dari belantara Papua, Tasmania Australia dan Papua New Guinea.

Hewan yang masih keluarga besar tupai ini, memiliki jari-jari besar pada kaki belakang, yang berfungsi untuk membantu berpegangan lebih kuat pada cabang pohon. Di antara pergelangan tangan dan kakinya ditutupi sejenis membran yang disebut patagium. Dikala Sugar glider membentangkan tangan kaki depan dan belakang, patagium ini, tampak seperti sayap yang membuatnya melayang di udara seperti terbang. Untuk pejantan baru, bisa membuahi pasangannya ketika berumur 2 tahun. Sedang betina sudah hamil pada usia antara 7 sampai 15 bulan. Satu betina akan melahirkan anak 1 hingga 3 ekor.

Di habitat aslinya, sugar glider terbiasa berburu serangga kecil seperti jangkrik dan ulat kecil, pada malam hari.  Selain serangga ia juga gemar getah manis dari pohon akasia dan eucalyptus. Karena itulah itulah dinamakan sugar glider. Sebab selain hobi meluncur dari ketinggian, juga menyukai makanan bercita rasa manis. Si lucu ini tergolong pemakan segalanya, namun sebaiknya diselang-seling dalam memberi makanan. Bagi para pemelihara, sebaiknya memberi makanan secara variatif. Misal, hari ini serangga, besok buah, lusa telur dan seterusnya bisa keju atau pet food. Minumnya usahakan air matang.

Bagusnya memelihara sugar glider ini, kotorannya tidak terlalu berbau sepanjang pemberian makan variatif, dengan jenis yang cocok dan seimbang, kalau kadar protein terlalu tinggi, bau kotoran akan semakin menyengat. Usahakan kandang yang luas dan nyaman, selalu rawat kebersihan hewan dan kandangnya.
 
Hewan imut yang satu ini belum terlalu populer, namun akhir-akhir ini mulai menjadi tren pembicaraan, bahkan sudah ada komunitas pecinta sugar glider yang terbentuk. Kabarnya, Paris Hilton pun memeliharanya. Harganya juga relatif terjangkau, per ekor sekitar 300 hingga 700 ribu rupiah.




media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar