Senin, 21 Maret 2016

Sugar Glider Harus Sering Diajak Interaksi Agar Jinak

Beberapa tips dalam merawat Sugar Glider atau yang biasa kita sebut SG, Tips ini ditujukan untuk rekan-rekan yang baru atau akan memelihara Sugar Glider:
image
https://pecintasugargliderkarawang.files.wordpress.com/2015/08/wpid-wp-1438676565876.jpeg
  • Untuk hari pertama memelihara SG, biarkan SG beradaptasi dengan lingkungan barunya (kandang) selama 1-2 hari, jangan diganggu atau diajak bermain terlebih dahulu, jadi cukup diberikan makanan dan minum.
  • Hari selanjutnya interaksi pemilik dengan SG dimulai, masukan baju bekas ke dalam atau diatas kandang SG supaya SG hafal dgn bau pemiliknya. Hal ini dilakukan utk membantu pengenalan SG ke pemiliknya. setelah itu belajar memberikan makan ke SG dgn cara dihandsfeed, lumuri jari dgn makanan SG dan biarkan SG menjilati jari tsb supaya SG belajar berani berinteraksi dgn pemiliknya…lalu ajak main SG dgn membiarkan mereka berlari”an di tangan. lakukan hal ini berulang dan secara rutin.
  • Tidak ad SG yg jinak tanpa interaksi, bahkan SG yg tdnya jinak kalo jarang dipegang maka akan menjadi galak. Jadi SG CB (Captive Breed / ternakkan) ataupun WC (Wild Caught / tangkapan liar) sekalipun kalo tdk pernah diajak interaksi, tdk akan menjadi jinak. Jd sering” dipegang SGnya supaya mereka tetap dekat dgn pemiliknya. Jd kuncinya di interaksi antara pemilik dgn SGnya. Bedanya SG CB lbh cepat dlm proses bonding krn sdh terbiasa dgn kehadiran manusia, sdgkan SG WC lebih memerlukan waktu krn mereka punya trauma tersendiri ketika mereka ditangkap paksa dr habitatnya. tetapi dua”nya sama sama butuh interaksi dan proses supaya jinak dan dekat dgn pemiliknya. Ga jaminan CB selalu jinak atau WC selalu galak.
  • Setiap SG punya keunikan dan tingkah laku serta karakter sendiri, jd dgn proses yg sama belum tentu punya result yg sama satu sama lain, kunci yg lain adalah sabar. Kudu pelan” dan sabar dlm membangun proses ikatan antara pemilik dan SG. Bonding atau tdk bonding bukanlah hal yg penting, yg terpenting adalah care dan tetep menjaga SG kita tetap dlm kondisi fit dan sehat. Biar SG tetep fit apalagi di kondisi musim hujan, kasih air madu utk boost daya tahan tubuh mereka, air madu juga bisa utk pengobatan awal ketika SG sedang flu.



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar