Selasa, 22 Maret 2016

Di Habitat Asli, Sugar Glider Hidup Di Atas Pohon

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSQFYccVF3LGeqxqS0oXVawG_CRDDYo9j97pBBKciaT_LyabAZmTHrzjgVu5DsKlkD_-TMWZhZwAjpqfO2N8cp0WUvjlRTFnTaNvjmftbyoApGk6XWozmyvjH9P2wlJXj1hyphenhyphenmLRJ5GhE1b/s1600/IMG_1019.JPG
Sugar Glider ( Petaurus breviceps ) adalah hewan kecil berkantung yg memiliki sifat omnivora dan noctural, suka dengan makanan yang manis punya kemampuan melompat meluncur melayang di udara seperti tupai terbang, penampilan dan kebiasaan mereka mirip tetapi tidak terkait erat.
 
Habitat asli sugar glider berasal dari daratan Australia, Tasmania dan Papua Nugini. Mereka di hutan sering di temukan di atas pohon pohon untuk bersembunyi di siang hari dan aktif di malam hari. Mereka mencari makanan seperti serangga, buah dan getah manis, mereka arboreal menghabiskan sebagian hidup di atas pohon pohon, ketika tempat habitat nya cocok untuk tempat tinggal, sugar glider lain dapat terlihat 1 : 1000 meter persegi asalkan di pohon tersebut ada cekungan untuk tempat tinggal. 
 
Predator utama mereka adalah burung hantu, ular dan kucing hutan termasuk ancaman yang signifikan. Sugar Glider memiliki tubuh mirip dengan tupai terbang. Kelamin jantan lebih besar dari pada betina. Untuk jantan dewasa memliki tanda kelenjar bau di kepala dan di leher, ukuran tubuh dari hidung hingga ujung ekor 24-30cm. Mereka memiliki bulu yang tebel berwarna abu2, kadang kecoklatan dan ada yang putih (albino/leucistik), mereka mempunyai garis hitam di dari hidung sampai punggung, perut berwarna krem, mata mereka bisa melihat di kegelapan, dan telinga dapat berputar untuk menemukan mangsa, mempunyai 5 jari tangan dan mempunyai cakar tiap jari nya, untuk kaki belakang di bagian jari ke 3 dan 4 saling menempel untuk grooming, dan ciri khas lainnya adalah mempunyai membran yang berfungsi untuk meluncur dari pohon satu ke pohon lainnya. Untuk membedakan antara jantan dan betina yaitu, jantan mempunyai kelenjar bau di bagian kepala (pitak) dan leher, untuk betina di bagian perut terdapat kantung untuk membawa keturunan/joey.
  • Panjang kepala - badan : 170mm ( 160-210mm )
  • Panjang ekor : 190mm ( 165-210mm ) 
  • Berat jantan : 140gram ( 115-160gram ) 
  • Berat betina : 115gram ( 95-135gram ) 
  • Denyut jantung : 200-300 detak /menit, respirasi  16-40 nafas permenit
  • Masa hidup dialam liar hingga 9 tahun, di penangkaran 12 tahun dan di kebun binatang 17,8 tahun
Masa reproduksi untuk pria berkisar antara 4-12 bulan dan untuk betina 8-12 bulan, dialam liar sugar glider berkembang biak 1-2 kali dalam setahun tergantung kondisi alam, iklim dan habitat mereka. Masa hamil berkisar 15-17 hari setelah itu joey kecil akan merangkak masuk kedalam kantung induk mencari puting dan  untuk pengembangan lebih lanjut, hal ini sangat tidak mencolok bahwa induk telah hamil, setelah joey masuk dalam kantung joey dia akan tinggal selama 60-70 hari, dan mata akan terbuka setelah 12-14hari setelah OOP ( Out Of Pouch ) dan akan tumbuh bulu dan meningkat secara bertahap, di butuhkan sekitar 2 bulan joey benar benar siap di sapih dan usia ke 4 bulan joey sudah siap hidup mandiri namun akan terus hidup disarang selama 10 bulan
 
Sugar Glider adalah hewan sosial mereka hidup dalam berkelompok keluarga atau berkoloni terdiri dari sampai 7 SG dewasa, mereka dapat saling membantu untuk membersihkan, berbagi sarang membantu identitas kelompok, SG yang dominan jantan akan menandai wilayah dan anggota kelompok dengan air liur dan kelenjar bau yang dihasilkan dari kepala dan leher, jika ada penyusup yang tidak memiliki tanda bau yang sama , akan di usir dengan kasar.



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar