Senin, 21 Maret 2016

Sugar Glider, Si Binatang Berkantung Yang Hidup Di Dunia Malam

http://www.loop.co.id/uploads/article/media_upload/371/cov-glider.jpg


Pada bosen punya peliharaan biasa seperti anjing atau kucing? Hemm, mau pelihara ular tapi takut? Tenang aja, Pet Lovers. Ada hewan peliharaan unik lain yang bisa kamu pelihara kok, namanya Sugar Glider. Bukan gula ya, tapi hewan berjenis sugar glider. Uniknya nih, selain jinak, binatang yang menyerupai bajing alias tupai ini bisa “terbang” lho. Penasaran? Simak dulu deh yang satu ini.

Tergolong binatang marsupial
Sugar Glider adalah binatang kecil, seukuran telapak tangan orang dewasa, yang tergolong dalam kelas marsupial atau hewan berkantung. Sesuai namanya, binatang yang satu ini gemar mengkonsumsi gula atau nectar yang biasa diambil dari bunga dan buah-buahan yang terdapat di alam. Uniknya, layaknya tupai terbang, Sugar Glider memiliki semacam selaput yang bisa mereka gunakan untuk “terbang” dari satu pohon ke pohon yang lain. Sebenarnya, binatang yang biasa hidup di malam hari ini bukan benar-benar “terbang”, melainkan hanya meluncur dari ketinggian dan melayang seperti halnya orang yang sedang bermain paralayang.

Binatang yang satu ini memiliki nama latin Petaurus breviceps, yang berarti penari tali yang memiliki kepala pendek. Ya, benar sekali, sesuai nama latinnya, binatang yang satu ini bisa bergerak secara luwes kian kemari. Karena bentuk tubuhnya yang relatif kecil, gerakan tubuhnya pun relatif lincah. Dengan ukuran panjang dari ujung hidung hingga ujung ekor sepanjang 24-30 cm, ukuran tubuh pejantan lebih besar dari betina mereka. Yang membedakan antara pejantan dan betina adalah si pejantan memiliki “jambul” di atas dahi.

Berasal dari daratan Austronesia
Sugar glider ditemukan di daerah utara dan timur Australia dan Tasmania, Papua Nugini, dan beberapa kepulauan di Indonesia bagian timur. Pertama kali ditemukan di Tasmania pada tahun 1835, sugar glider bisa ditemukan secara liar di hutan dimana mereka bisa mendapatkan banyak makanan. Karena binatang ini termasuk binatang nocturnal alias aktif di malam hari, sugar glider tidur di sarang mereka ketika siang dan bergerak mencari makan di malam hari dengan mengandalkan indera penglihatan dan pendengarannya yang cemerlang untuk mencari mangsa di kegelapan.

Sugar glider adalah hewan yang cerdas. Mereka mengenali pemiliknya dengan mencium bau khas sang pemilik. Selain itu, ukurannya yang kecil juga memudahkan pemilik untuk membawanya di dalam tas kapanpun dia ingin. Cukup memberikan bubur bayi atau pisang lumat untuk makanan sehari-harinya, pemberian pakan binatang yang satu ini bisa dibilang mudah. Selain itu, kamu nggak perlu membersihkan tas tempat dia bersarang, sebab kalo tasnya dicuci maka sugar glider akan menghindar untuk menempati tas tersebut.

Gimana, Pet Lovers? Ingin punya alternatif binatang peliharaan lain? Udah deh, buruan beli sugar glider aja. Selain mudah, hewan yang satu ini bisa dibilang cukup murah. Di pasaran, harga seekor sugar glider hanya 300-350 ribu rupiah. Tertarik untuk memeliharanya?



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar