Kamis, 24 Maret 2016

Usia 6-7 Bulan Adalah Usia Minimal Sugar Glider Untuk Kawin

Perbedaan antara sugar glider jantan dan betina terletak pada kantungnya, sugar glider betina memiliki kantung diperutnya sedangkan jantan tidak, fungsi dari kantung tersebut adalah untuk meletakkan anaknya yang masih bayi (seperti kangguru).

Cara mengawinkan sugar glider:
Cara mengawinkan sugar glider cukup mudah, hanya dengan menyatukan sugar glider jantan dan betina saja dalam satu kandang. sugar glider yang akan dikawinkan harus sudah cukup umur untuk dikawinkan. umur berapa?, mengapa?. lihat bagian reproduksi. Selain cukup umur sugar glider juga harus dalam keadaan sehat tidak sedang sakit. selain itu juga sebaiknya indukan harus berkualitas agar keturunan yang dihasilkan juga berkualitas. Jangan mengawinkan sugar glider yang sedarah atau hasil dari satu indukan, karena nantinya anakan yang dihasilkan kemungkinan besar akan cacat.
Reproduksi:
Sekali reproduksi sugar glider bisa menghasilkan 1-3 anakan, tapi sangat jarang menghasilkan 3 anakan, rata-rata 1-2 anakan, ini untuk reproduksi secara alami. pernah dengar para peternak menggunakan suntikan hormon sehingga dalam sekali reproduksi sugar glider bisa menghasilkan 3-4 anakan.
Sugar glider bisa mulai bereproduksi ketika sudah berumur 5 bulan, salah satu tandanya adalah sebagian bulu botak di bagian kepala (tanda ini hanya untuk sugar glider jantan), jadi jangan heran jika anda memiliki sugar glider jantan yang kepalanya agak pitak. tetapi ini tidak disarankan, walaupun sudah bisa bereproduksi diumur yang bisa dibilang masih muda tersebut, tetapi belum siap atau belum matang untuk merawat anak-anaknya, ini salah satu penyebab mengapa anaknya “direject”.
Maksud dari direject disini adalah indukan sugar glider tidak mau merawat dan membesarkan anaknya. Selain penyebab tersebut ada penyebab-penyebab lain yang membuat anak sugar glider di reject, antara lain lingkungan sekitar kandang yang ttidak nyaman atau berisik sehingga indukan menjadi stress, kuranganya asupan nutrisi untuk sang induk. Beberapa kasus (reject) sang induk bukan hanya tidak mau merawat anaknya, bahkan sampai memakannya. Sebaiknya sugar glider mulai dikawinkan pada usia minimal 6-7bulan.
 
Berikut ini adalah gambar baby yang direject, saya dapat dari grup facebook sugar glider indonesia:
cara memelihara sugar glider
http://adhirapuzzpa.blogspot.co.id/2014/09/cara-memelihara-sugar-glider.html
ini yang lebih parah lagi, babynya sampai dimakan (sumber foto masih sama)
cara ternak sugar glider
http://adhirapuzzpa.blogspot.co.id/2014/09/cara-memelihara-sugar-glider.html
ini foto baby sugar glider setelah 2 minggu OOP/keluar dari kantung induknya
cara pelihara sugar glider
http://adhirapuzzpa.blogspot.co.id/2014/09/cara-memelihara-sugar-glider.html
yang ini 3 minggu setelah OOP
ciri ciri sugar glider hamil
http://adhirapuzzpa.blogspot.co.id/2014/09/cara-memelihara-sugar-glider.html



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar